Langsung ke konten utama

teknologi perkantoran kelas X BAB 2 (teknik pengetikan)



Hands on keyboard Premium Photo


1.      Sekilas tentang keyboard
Dalam bahasa Indonesia berarti papan tombol. Keyboard computer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat dan dipetakan oleh Christoper Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan remington.
a.      Perbedaan keyboard dan mesin ketik
1)      Mesin ketik, tidak dapat menghapus/membatalkan apa saja yang sudah diketik dan setiap satu huruf/simbol yang sudah diketik hasilnya langsung bisa dilihat pada kertas.
2)      Keyboard, hasil ketikan/keluarnya dapat dilihat dilayar di monitor, kemudian dapat melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan tulisan, dan lainnya.
b.      Jenis-jenis keyboard
1)      Keyboard serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
2)      Keyboard wireless
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan pada saat ini paling banyak digunakan, port yang dimiliki sama dengan port yang dimiliki dengan port mouse sehingga pemasangan harus dilaksanakan dengan cermat.
3)      Keyboard wireless
Tidak menggunakan kabel sebagai penghubung keyboard dengan komputer, namun menggunakan infrared, wifi, & bluetooth. Dibutuhkan unit pemancar (yang terdapat di keyboard itu sendiri) & penerima (dipasang pada port USB/serial pada CPU).
4)      Keyboard USB
Menggunakan port USB sebagai konektor ke CPU sehingga transfer data lebih cepat.
c.       Tombol-tombol pada keyboard
1)      Tombol ketik (typing keys)
Bagian pada keyboard yang terdiri dari huruf dan angka serta tanda baca. Ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY & DVORAK.
2)      Numeric keypad
Bagian yang berisi angka dan berfungsi memasukkan data berupa angka & operasi perhitungan, disusun menyerupai kalkulator & alat hitung lainnya.
3)      Tombol fungsi (function keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standar yang berfungsi sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
4)      Tombol control (control keys)
Menyediakan kontrol terhadap kurosr & layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah empat tombol panah diantara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt), & escape (esc).
d.      Fungsi-fungsi tombol pada keyboard
Tombol
Fungsi
ALT
Berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya. msialnya Alt +F4, berguna untuk shut down / menutup windows program yang sedang aktif
CTRL
Berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lain. Misalnya Ctrl+C berguna untuk menyalin suatu objek yang ditunjuk kedalam keyboard, yang nantinya akan disalinkan ke area kerja yang ditentukan menggunakan Ctrl+V
F1-F12
Pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi/aplikasi, misalnya F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu help (memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan).
ESC (Escape)
Kegunaannya sama dengan pilihan CANCEL (membatalkan suatu tahap pekerjaan)
Enter
Kegunaannya sama dengan tombol OK (menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai). Bisa juga menyisipkan baris kosong/baris baru pada pemasukan teks.
Tab
Berarti pindah ke field/daerah isian/pilihan berikutnya. Pada saat pengetukan, tab berarti lompat ke penghentian tab (tab-stop) terdekat. Menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai anak panah bersangkutan. Berguna saat proses pengetikan.
Backspace
Menghapus karakter (huruf) sebelah kiri kursos terhapus. Berguna saat proses pengetikan berlangsung
Delete
Menghapus karakter (huruf) sebelah kanan kursos terhapus. Berguna saat proses pengetikan berlangsung
Home
Memindahkan kursor ke awal baris di mana kursor berada
End
Memindahkan kursor ke akhir baris di mana kursor berada
Page Up/ PgUp
Memindahkan kursor ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.
Page Down/ PgDn
Memindahkan kursor ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.

2.      Cara menggunakan keyboard
Banyak produk keyboard yang ditunjukkan agar anda nyaman mengetik, namun yang lebih penting adalah bagaimana mengatur postur & posisi tubuh, terutama lengan, sehingga dapat menghindari kelelahan & cidera.
Stephanie brown (seorang pendidik piano asal Amerika), memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat mengetik pada keyboard :
a.      Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
Upayakan pergelangan tangan selalau sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan seperti mengambang & tidak tegang.
b.      Posisi siku menggantung
Pastikan siku anda bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, akan menyulitkan mengetik, tegang dan cepat lelah.
c.       Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Agar tidak mudah cepat lelah, rieks & lemaskan seluruh jari, tidak perlu kaku & tegang
d.      Tekan tombol dengan tenang
Tidak perlu menekan tombol dengan kuat/mengalirkan tenaga penuh  pada tangan. Mengetik bukan memukl keyboard.
e.      Bila sedang tidak mengetik
Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadan sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi saat mengetik.
3.      Cara mengetik keyboard dengan cepat
a.      Posisi awal (home row)
b.      Posisi 10 jari tangan.
c.       Latihan dasar mengetik 10 jari
4.      Sikap pada waktu mengetik
a.      Posisi badan tegak
b.      Posisi keyboard
c.       Telapak tangan
d.      Pernapasan & kedipan mata
e.      Posisi monitor & pencahayaan yang nyaman
Lutut & kaki harus relaks

Komentar

Postingan populer dari blog ini

humas dan keprotokolan kelas XI (aspek Humas)

4. Aspek Humas Aspek humas secara umum berupa komunikasi dua arah atau timbal balik (reciprocal). Humas tidak saja memberikan informasi, tetapi juga menerima masukan dari masyarakat agar terjadi pencapaian kesamaan makna. Aspek-aspek tersebut, yaitu sebagai berikut. a. Aspek layanan Aspek layanan dalam kegiatan humas berkaitan dengan proses mengatur, mengotomatisasi, dan menyinkronkan layanan pelanggan. Proses-proses tersebut bertujuan menemukan, menarik, mempertahankan orang-orang perusahaan, menarik mantan klien kembali ke perusahaan, mengurangi biaya pemasaran, serta memberikan pelayanan terbaik. Contohnya, pada sebuah perusahaan dibutuhkan layanan yang baik agar klien tertarik dan bertahan pada perusahaan tersebut. b. Aspek komunikasi Aspek komunikasi, yakni komunikasi dua arah yang bersifat interaktif antara humas dan publik. Contohnya, sebelum para karyawan perusahaan melakukan unjuk rasa kenaikan gaji, humas harus melibatkan semua staf perusahaan yang bersangkutan un

pengadaan pegawai otkp kepegawaian kelas XI

A.PENGERTIAN PENGADAAN PEGAWAI Pengadaan pegawai adalah kegiatan mengisi formasi yang diperlukan yang pada umumnya disebabkan adanya pegawai yang berhenti, pensiun, meninggal dunia, atau demi perluasan organisasi. Kegiatan pengadaan pegawai harus dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, baik mutu, jumlah, maupun kompetensi jabatan Pengadaan pegawai di perusahaan atau organisasi swasta biasanya menjadi tugas dan tanggung jawab bagian kepegawaian. Bagian kepegawaian juga disebut sebagai bagian personalia, bagian sumber daya manusia (SDM), dan HRD (Human Resources Department). Walaupun penyebutannya berbeda beda, pada dasarnya tugas pokok dan fungsinya adalah sama, yaitu menyelenggarakan pengelolaan pegawai, termasuk pengadaan pegawai untuk organisasi Pengadaan pegawai pada organisasi swasta diselenggarakan oleh organisasi tersebut secara mandiri yang tidak selalu sama prosesnya dengan perusahaan/organisasi yang lain. Akan tetapi, pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak dilakukan secara m

bab 2 daring 2 (regulasi kepegawaian) otk kepegawaian kelas XI

PENGERTIAN REGULASI KEPEGAWAIAN Secara umum, regulasi adalah peraturan Adapun menurut Kamus besar Bahasa Indonesia peraturan adalah aturan yang dibuat untuk mengatur, petunjuk yang dipakai untuk menata sesuatu dengan aturan dan ketentuan yang harus dijalankan dan dipatuhi Membuat suatu aturan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang Aturan biasanya dibuat oleh orang yang memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan atau kelompok tertentu Sebagai contoh peraturan di rumah dibuat oleh kepala keluarga peraturan di lingkungan RT dibuat oleh ketua RT yang berdasarkan kesepakatan para kepala keluarga, begitu seterusnya. Sampai tingkat yang tertinggi yaitu negara peraturan dibuat oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Serupa dengan hal tersebut regulasi kepegawaian adalah peraturan yang dibuat untuk mengatur dan mengendalikan pegawai dalam bertindak ataupun bekerja agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai bersifat mengikat, baik bagi pengawal, pengusaha, maupun pemerintah.